Hai Gadis, Siklus Haid Anda Tidak Teratur? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Siklus Haid Anda Tidak Teratur
Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Setiap bulannya, wanita yang masih dalam usia produktif pasti akan kedatangan 'tamu bulanan' alias menstruasi. Meskipun pada beberapa wanita, di usia yang terbilang produktif terkadang haid dirasa kurang lancar.

Ya, keterlambatan haid pada wanita yang belum menikah kemungkinan tertinggi disebabkan ketidakseimbangan hormonal. Demikian dikatakan dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

"Beberapa hal yang membuat hormon tidak seimbang sehingga menstruasi menjadi tidak teratur bisa karena stres, kegemukan, terlalu kurus dan kurang matangnya jalur hormonal dari otak ke indung telur," kata dr Hari kepada detikHealth dan ditulis pada Jumat (26/9/2014).

dr Hari menambahkan dalam kasus kecil, kelainan seperti tumor di dalam indung telur atau di rahim dapat mengakibatkan keluhan yang sama. Tetapi, di usia yang terbilang muda yakni 20-an, jika menstruasi tidak lancar kemungkinan terbesar yakni masih kurang matangnya jalur hormonal dari otak ke indung telur.

"Seiring dengan perjalanan waktu hal ini akan membaik. Makin dewasa seorang wanita, maka menstruasi akan semakin teratur," ujar dr Hari.

Sementara itu, Suzanne Kavic, MD, direktur Reproductive Endocrinology di Loyola University Health System mengatakan, tidak teraturnya siklus haid juga bisa menjadi indikasi Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Maka dari itu Kavic sangat menyarankan wanita yang kerap memiliki siklus haid tidak teratur untuk memeriksakan keadaannya.

"PCOS yang terdeteksi sejak dini bisa ditangani untuk meminimalkan dampaknya. Misalnya dengan kombinasi olahraga, modifikasi diet dan obat. Kadang, terapi hormon juga diberikan untuk membuat siklus haid lebih teratur," tutur Kavic.


Sumber: http://health.detik.com/read/2014/09/26/083031/2701796/763/hai-gadis-siklus-haid-anda-tidak-teratur-bisa-jadi-ini-sebabnya

Solusi Rahasia Wanita terbebas dari Gangguan Keputihan, Solusi Rahasia wanita Miss V terasa menyempit   "seperti perawan" lagi...

Tanaman Obat Untuk Keputihan


Terdaftar :
REG. IDM000245253 - POM NA 18111600012
HARGA:
Cuma Rp.275.000,-
(FREE ONGKOS KIRIM KE SELURUH INDONESIA)
100% ASLI DIJAMIN
Segera hubungi:
0817.042.9050
Pin.BB: 29acdc40

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hai Gadis, Siklus Haid Anda Tidak Teratur? Bisa Jadi Ini Sebabnya"

Posting Komentar